Mahasiswa Baru Wajib Ketahui 21 Istilah Dalam Perkuliahan Ini
share

Mahasiswa Baru Wajib Ketahui 21 Istilah Dalam Perkuliahan Ini

Foto : Mahasiswa Baru Wajib Ketahui 21 Istilah Dalam Perkuliahan Ini

Dalam perkuliahan ada beberapa istilah yang wajib kamu ketahui. dan istilah istilah itu sering dan wajib untuk dimengerti baik dari segi arti maupun dari segi fungsinya.

Berikut 21 istilah yang wajib diketahui oleh seorang mahasiswa di semua perguruan tinggi nasional. baik yang Negeri maupun Swasta.

1. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) berfungsi sebagai tanda pengenal bahwa kamu adalah mahasiswa di suatu perguruan tinggi. Misalnya, mahasiswa di STIT Ibnu Sina dapat menggunakan KTM ini untuk memperoleh fasilitas-fasilitas kampus, seperti meminjam buku, meminjam sepeda,syarat memperoleh beasiswa.

2. KRS (Kartu Rencana Studi)

Sejumlah perguraun tinggi di Indonesia umumnya menggunakan istilah KRS untuk menyebut kartu rencana studi, namun ada juga juga beberapa perguruan tinggi yang menyebut KRS dengan istilah KPSM (Kartu Perencanaan Studi Mahasiswa) atau FRS (Formulir Rencana Studi). KRS ini sendiri adalah rekaman mata kuliah yang diambil dalam satu semester.

Kamu memang dapat merencanakan studi kamu sendiri, tapi baiknya sebelum memilih mata kuliah konsultasikan terlebih dahulu dengan Pembimbing Akademik atau Dosen Wali. Pengisian KRS dapat dilakukan secara manual maupun secara online.

3. SKS (Satuan Kredit Semester)

Jika di bangku sekolah kemarin semua pelajaran yang kalian pelajari sudah dipaketkan hingga lulus. Kalau di perguruan tinggi nantinya pelajaran ini akan ditentukan berdasarkan dengan SKS. Mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang diinginkan dalam satu semester tergantung jatah dari SKS yang mereka miliki.

Biasanya hanya untuk semester pertama saja, mahasiswa sudah diberikan satu paket mata kuliah untuk satu semester, antara 18-21 SKS, tergantung kampus dan program studi. Untuk lulus hingga S-1, kamu membutuhkan sekiranya 144-160 SKS. Untuk program diploma (D-3) diperlukan 110-120 SKS. Setiap mata kuliah memiliki jumlah bobot SKS ynag berbeda-beda. Ada yang berbobot satu SKS hingga paling banyak empat SKS.

4. IPS (Indeks Prestasi Semester)

IPS atau biasanya dikenal IP merupakan hasil rata-rata nilai prestasi dalam satu semester. IP dapat dilihat secara online maupun konvensional, seperti Kartu Hasil Studi (KHS). KHS mirip dengan raport SMA, hanya saja bentuknya berbeda berupa selembar kertas. Nilai yang diberikan berupa huruf, A sebagai nilai tertinggi, sedangkan E nilai terendah.

5. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

 

IPK itu berisi catatan tiap-tiap mata kuliah dari semester satu hingga semester akhir. Nilai IPK dimulai dari Skala 1,00 (satu koma nol nol) hingga 4,00 empat koma nol nol). Jika kamu konsisten memiliki IPK 3.50 (tiga koma lima nol) dari awal semester hingga akhir semester, kamu akan dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi dengan predikat cumlaude.

6. SP (Semester Pendek)

SP merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap. Program ini bertujuan untuk akselerasi (memperpendek masa studi) atau memberikan kesempatan mahasiswa untuk memperbaiki nilai yang tidak mencapai standarisasi. Misalnya di Universitas Indonesia untuk program SP, mahasiswa harus membayar Rp 250.000 per SKS.

7. PA (Pembimbing Akademik)/ Dosen Wali

Di SMA kamu mengenal istilah Wali Kelas, nah kalau di kampus namanya PA (Pembimbing Akademik/Penasehat Akademik) atau Dosen Wali. Tuganya sama dengan Wali Kelas, yaitu memberikan arahan, membimbing, dan membantu mahasiswanya dalam permasalahan yang dihadapi selama aktif studi.

8. KKN (Kuliah Kerja Nyata)

SP merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap. Program ini bertujuan untuk akselerasi (memperpendek masa studi) atau memberikan kesempatan mahasiswa untuk memperbaiki nilai yang tidak mencapai standarisasi. Misalnya di Universitas Indonesia untuk program SP, mahasiswa harus membayar Rp 250.000 per SKS.

9. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang biasa disingkat dengan UKM ini sesungguhnya sama saja dengan istilah ekskul atau extra kurikuler yang dulunya pernah kamu kenal di bangku sekolah. Umumnya, UKM ini sangat diminati oleh mahasiswa karena biasanya setiap kampus menawarkan pilihan UKM yang beragam sehingga kamu pun dapat memilih UKM sesuai dengan hobi dan minat kamu.

10. Skripsi

Pada akhir studi untuk S-1 mahasiswa diwajibkan untuk menyusun tugas akhir (Skripsi). Dalam proses penyusunan skripsi, mahasiswa akan didampingi oleh dosen pembimbing. Tidak semua Universitas mewajibkan mahasiswanya untuk membuat skripsi.

Untuk memperoleh gelar S-1 mahasiswa diwajibkan untuk membuat jurnal atau karya ilmiah lainnya sebagai pengganti skripsi. Misalnya, pada tahun 2013 Mahasiswa Program Studi Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa, Universitas Indonesia mewajibkan mahasiswanya untuk menyusun skripsi.

11. TKA (Tugas Karya Akhir)

Tugas karya akhir atau yang biasa disingkat TKA merupakan sebuah proyek besar yang dikerjakan di penghujung masa perkuliahan. Biasanya TKA ini berupa sebuah karya atau laporan. Hasil TKA nantinya akan disidangkan guna memperoleh nilai yang nantinya akan mempengaruhi Indeks Prestasi dan menentukan kelulusan seorang mahasiswa.

12. Plagiarisme

Di dunia perkuliahan kamu akan sering mendengar istilah plagiarisme atau plagiat. Plagiat adalah mengutip atau mengambil karangan orang lain tanpa memberikan sumbernya. Bahasa mudahnya yaitu menjiblak karya orang lain. Perlu kamu tahu pula, sanksi terberat jika ketahuan plagiat adalah DO alias Drop Out.

13. Dosen Pembimbing

Yang dimaksud dengan dosen pembimbing di sini adalah dosen yang bertugas untuk membimbing kamu ke jalan yang benar terkait skripsi atau tugas akhir. Biasanya, pemilihan tema atau judul skripsi maupun tugas akhir yang akan menentukannya baik atau tidak adalah dosen pembimbing.

14. Asdos (Asisten Dosen)

Asisten dosen atau yang biasa disingkat asdos merupakan seorang mahasiswa atau seorang fresh graduate yang ditugaskan untuk membantu dosen menyiapkan perkuliahan.

15. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

Badan Eksekutif Mahasiswa atau yang biasa disingkat BEM merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan. Jika dulu di bangku sekolah menengah kalian pernah mendengar organisasi OSIS, nah di masa perkuliahan ada yang namanya BEM. Badan eksekutif mahasiswa ini ada di tingkat fakultas dan tingkat universitas.

16. Senat

Jika ada BEM, tentu ada pula yang namanya senat. Perlu kalian ketahui bahwa senat ini merupakan organisasi perwakilan mahasiswa yang bertugas untuk memantau Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM.

17. Peminatan Studi/Konsentrasi Studi

Konsentrasi studi atau peminatan studi ini merupakan pengkhususan di tiap jurusan yang dapat dipilih oleh mahasiswa pada semester tertentu. Misalnya saja, kalian mahasiswa Ilmu Komunikasi nantinya kalian aka nada pengkhususan jurusan seperti komunikasi massa, hubungan masyarakat, hingga periklanan. Kalian harus memilih salah satu dari jurusan tersebut.

18. Semester Ganjil

Semester ganjil ini merupakan masa perkuliahan pada semester 1, 3, 5, 7 dan seterusnya. Bisanya semester ganjil berlangsung pada bulan Agustus (akhir) hingga bulan Desember.

19. Semester Genap

Semester genap ini merupakan masa perkuliahan pada semester 2, 4, 6, 8 dan seterusnya. Bisanya semester genapl berlangsung pada bulan Februari hingga awal Juni.

20. Ekstensi

Ekstensi merupakan program perkuliahan untuk meneruskan program diploma ke jenjang Sarjana.

21. Kepala Jurusan (Kajur)

Di setiap jurusan umumnya memiliki kepala atau ketua. Nah, ketua jurusan ini umumnya disebut kajur. Tugas dari seorang kajur adalah menjadi pemimpin dosen-dosen dan mahasiswa di suatu jurusan.

Nah itulah istilah-istilah dasar di dunia perkuliahan yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

share
Post Comment
Comments (0)