5 Prospek Kerja PAI (Pendidikan Agama Islam) yang Menjanjikan!
share

5 Prospek Kerja PAI (Pendidikan Agama Islam) yang Menjanjikan!

Foto : 5 Prospek Kerja PAI (Pendidikan Agama Islam) yang Menjanjikan!

Prospek kerja PAI (Pendidikan Agama Islam) yang dalam hal ini adalah seorang yang mampu menciptakan seorang calon penerus generasi bangsa yang cerdas, unggul modern dan islam. Sesuai dengan perturan agama islam yang telah berlaku di Indonesia saat ini. Sehingga dalam hal ini sebuah pembelajaran ini perlu di terpkan di kalangan, lingkungan, dan masyarakat sekitar tersebut.

Dalam hal ini harus sesui dengan visi dari sebuah jurusan yang ada dalam Universitas ataupun dalam sebuah Perguruan Tinggi tersebut. Seorang yang lulusan dari Pendidikan Agama Islam bukan saja hanya bisa menjadi seorang guru saja, namun juga bisa menjadi seorang yang pendakwah yang bisa berguna bagi masyarakat sekitar. Dan juga dapat menjadi sebuah pelantara mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan  dari seluruh pembelajaran ang telah di lakukan dalam melakukan sebuah pembelajaran yang ada. Sehingga pendakwah tersebut dapat membawa sebuah ajaran islam menuju jalan yang lebih baik lagi. 
 

Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam)

 
Perlu di ketahui bahwa Pendidikan Agama Islam menjadi sebuah pusat pengembangan ilmu agama islam. Sehingga dalam hal ini dapat mendorong mahasiswa untu dapat mengetahui dan keingintahuan dalam memperoleh ilmu pengetahuan berupa agama islam tersebut, serta keterampilan, dan sikap dari mahasiswa tersebut.
 
Dalam hal ini tujuan di dari sebuah jurusan ilmu pendidikan agama islam ini adalah dapat membentuk seorang yang dapat menghasilakan lulusan dari ilmu pendidikan agama islam adalah yang selalu bertaqwa kepada tuhan yang maha Esa serta berbudi luhur, cerdas, terampil dan mandiri dalam melakukan sebuah pembelajran dan dakwah tersebut.
 
Dalam hal ini ilmu pendidikan agama islam juga dari tahun ketahun telah mengalami peningkatan yang signifikan sehingga tenaga pendidik untuk jurusan pendidikan agama islam yang ada saat ini memang sudah banyak sekali.
 
Dan prospek kerja jurusan ini memang sangat sulit untyk di dapatkan. Kerana dalam sebuah sekolahan biasanya telah ada seorang guru yang bekerja mengajar di situ. Sehingga untuk pendidik yang lain sangat sulit untuk memperoleh sebuah pekerjaan kembali.
 
Dalam hal ini jurusan dari ilmu pendidikan agama islam juga harus menjadi seorang yang ramah tamah dan seorang yang peduli dalam masyarakat sekitar. Namun sebenarnya hal ini bukan hanya berlaku untuk jurusan ilmu pendidikan islam saja tapi juga dari jurusan lain juga harus mampu menggunakan tingkah laku, etika yang ada dalam sebuah pembelajaran ini sehingga menjadi sebuah prospek pekerjaan yang sangat menguntungkan untu seorang lulusan dari jurusan ilmu pendidikan agama islam ini.
 
Dalam hal ini pendidikan agama islam mampu membuat seorang yang berasal dari jurusan ini mengetahui jauh lebih dalam lagi dari ilmu pendidikan islam ini. Sehingga dalam melakukan sebuah pembelajaran ataupun dalam sebuah penggunaan  metode belajar juga kan jauh lebih tepat penggunaanya tersebut. Dalam hal ini lah yang membuat seorang tersebut dapat menggunakan ini dengan baik dan benar.
 
Dalam Kementrian Agama Melalui Direktur PAI (Pendidikan Agama Islam) sekolah umum mengungkapkan bahwa, dalam hal ini kekurangan seorang pengajar guru PAI saat ini mencapai kisaran dari 198,000 yang dalam hal ini telah terbagi dalam guru pendidikan agama islam SD, SMP dan juga guru pengajar SMA.
 

Untuk guru SD ini sendiri masih membutuhkan tenaga kerja samapi dengan 3,494 orang lagi, dan untuk SMP masih mebutuhkan kira-kira kurang dari 2.218 orang lagi . dan sedangkan untuk tingkatan SMA masih membutuhkan kurang lebih kisaran 3.598 orang lagi untuk guru SMK pun juga sama yaitu masih membutuhkan kurang lebih kisaran 3.598 orang lagi. Dalam hal ini belum di jumlahkan dengan guru pendidikan agama islam yang di butuhkan di sebuah madrasah untuk tingkat dasar samapi dengan tingkat madrasah Aliyah ataupun Negeri ini. Dalam hal ini Kementrian Agama.

Melalui Direktur PAI (Pendidikan Agama Islam) sekolah umum juga mengatakan bahwa   kekurangan ini juga di prediksi akan semakin meningkat seiring dengan di buknya sekolah baru dan jumlah guru yang akan mengalami pensiun untuk saat ini yang semakin banyak ini. Sehingga dalam perkiraan ini sangat di butuhkan seorang guru yang memang ahli dan berbakat dan memang dalam jurusan yang sesuai dengan yang telah di butuhkan tersebut.
 
Dalam hal ini prediksi ini akan semakin kuat dengan pentingnya untuk profesi pendidikan agam islam ini dalam kalangan agama islam tersebut. Perlu di ketahui bahwa jurusan agama ini merupakan jurusan yang memang amat sangat mulia sekali untuk seorang yang memang baru lulus dari jurusan ini. Sehingga dalam hal ini seorang yang memang berasal dari jurusan ini sangat memungkinkan untuk dapat bekerja dan memperoleh sebuah peluang pekerjaan yang sangat mudah sekali. Sehingganya dalam hal ini seorang yang memang ahli dalam ini. Menjadi sebuah prospek yang amat sangat mudah sekali.
 

Prospek Kerja PAI (Pendidikan Agama Islam)

 
Dalam hal ini seorang yang berasal dari jurusan ilmu pendidikan agama islam dapat memperoleh sebuah prospek pekrjaan dalam bagian sebagai berikut:
 

Prospek Kerja Seorang Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam Menjadi Kepala Madrasah Atau Kepala Sekolah Negeri

 
Dalam hal ini seorang yang telah lulus dari pendidikan agama islam juga dapat bekerja menjadi seorang kepala sekolah, tentunya setelah seorang tersebut dapat memenuhi persyaratan yang telah di tentukan dalam sebuah sekolah ataupun madrasah tersebut. Sehingga dalam hal ini seorang yang berasal dari lulusan pendidikan agama islam ini dapat melakukan sebuah pembelajaran dengan baik dan benar.
 
Namun untuk dapat menjadi seorang kepala sekoalh memang harus memiliki sebuah kemampuan. Harus cerdas, dan dapat adil dengan semua pihak yang ada dan selalu bersikap tanggung jawab, profesional dan ahli dalam segala hal. Bukan hanya itu saja seorang yang memang ingin menjadi seorang kepala sekolah harus dapat melanjutkan lagi setelah S1 lanjut S2 Terlebih Dahulu.  
 

Prospek Kerja Seorang Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam Menjadi Peneliti Pendidikan Islam

 
Dalam mengembangkan ilmu pendidikan islam seorang yang mampu melakukan suatu penetahuan atau ilmu harus mampu meneliti dan mengkaji dari ilmu pendidikan islam tersebut, menjadi sebuah prospek yang memang ahli dan tepat alam proses pembelajaran tersebut. Sehingga dalam hal ini sangat di perlukan sebuah penelitian agar dalam pembelajran yang di lakukan dapat diketahui sesuai dengan pekembangan zaman yang berlaku saat ini. 
 

Prospek Kerja Seorang Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam Menjadi Pengawas  Pendidikan Islam

 
Dalam hal ini menjadi seorang adalah menjadi seorang yang memang mengawasi dari perkembangan pendidikan agama islam tersebut. Sehingga dalam hal ini seorang yang memang telah ahli dalam hal ini melakukan sebuah prospek pekerjaan yang tepat seklai. menjadi seorang pengawas tentunya harus memiliki sebuah keahlian dan prospek yang baik pula dalam melakukan pengawasan tersebut. Sehingga dalam pembelajaran yang di lakuakan menjadi jauh lebih tepat. 
 

Prospek Kerja Seorang Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam Menjadi Dosen Atau Tenaga Pendidik

 
Dalam hal ini seorang yang memang telah tertarik dalam dunia pendidikan juga harus mampu melakuakan sebuah pendidikan sesuai dengan taraf kemampuannya tersebut. Sehingga dalam hal ini seorang yang memang ahli dalam bidang ini harus mampu memulai sebuah pembelajaran yang sesuai dengan program yang telah di rencanakan tersebut.
 
Jika memang telah memiliki sebuah keinginan untuk menjadi seorang dosen maka hal yang harus di lakukan setelah memperoleh gelar S1, maka harus melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu S2, terlebih dahulu. Sehingga dalam hal ini seorang yang memang telah memiliki sebuah bakat dalam memanfaatkan ilmu yang telah di milikinya tersebut dapat melanjutkan pendidikannya tersebut sesuai dengan yang telah di tentukan tersebut.
 

Prospek Kerja Seorang Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam Menjadi wirausaha

 
Perlu di ketahui bahwa seorang yang berasal dari urusan ilmu pendidikan agama islam juga dapat melakukan sebuah usaha. Misalnya dengan membuat buku kisah-kisah kenabian atau membuat sebuah buku dongen, novel atau yang lainnya yang kemudian di jual belikan dan sehingga dalam hal ini akan mendapatkan sebuah keuntungan yang akan di perolehnya nanti. Dalam hal ini merupakan sebuah usaha yang di lakukan oleh seorang guru ilmu pendidikan agama islam akan menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan tambahan.

share
Post Comment
Comments (0)